We are not just conquering the world, but we are going green...


IKALKALIS JOBS | Today's Jobs

Friday, January 30, 2009

Motivasi Karyawan Anda!

Pemimpin manapun menginginkan karyawan loyal, bekerja sepenuh hati, dan selalu memberikan yang terbaik bagi perusahaan. Banyak cara memotivasi karyawan, salah satunya adalah dengan memberikan gaji dan benefit yang memuaskan.

Namun ada hal lain yang juga mempengaruhi motivasi dan kinerja kerja karyawan, seperti lingkungan kerja yang nyaman, jam kerja yang fleksible, atasan yang terbuka terhadap masukan dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk memotivasi, menjaga loyalitas dan antusiasme mereka terhadap pekerjaan.

Akan lebih cepat jika Anda melakukan hal di bawah ini untuk mulai memimpin.

1. Tunjukkan penghargaan Anda terhadap pekerjaan mereka.
Memberikan perhatian atau pujian jika mereka bisa melaksanakan tugas dengan baik adalah salah satu cara mudah mendongkrak performa kerja mereka. Jangan lupa untuk mengekspresikan dengan jelas bahwa Anda percaya akan kemampuan mereka.

2. Tanya pendapat karyawan Anda
Beri ruang dan dorong karyawan Anda untuk memberikan pendapat dan opini berkaitan dengan peningkatan performa kerja mereka. Bila pendapat mereka bisa diaplikasikan dan terbukti dapat meningkatkan efektifitas kerja, tak ada salahnya memberikan reward atau penghargaan atas ide mereka.

3. Komunikasikan segalanya dengan jelas
Komunikasikan dengan jelas pekerjaan yang harus mereka lakukan atau target yang harus mereka capai. Bila perlu, luangkan waktu untuk memberikan contoh cara yang Anda anggap ideal untuk menjalankan tugas mereka. Patut diingat pula bahwa komunikasi yang baik berjalan dua arah. Dengarkan pendapat karyawan Anda, karena bukan tidak mungkin mereka bisa melontarkan ide brillian.

4. Berikan ruang dan kesempatan untuk bertumbuh.Karyawan akan menghargai kesempatan untuk meningkatkan keahlian mereka dan menerima tanggung jawab lebih. Mengirimkan mereka ke seminar atau workshop bisa menyuntikkan semangat baru untuk meningkatkan performa kerja. Dan pada akhirnya tentu saja hal ini akan memberikan keuntungan bagi perusahaan Anda.

5. Yakinkan mereka kesalahan adalah hal yang normal.
Setiap pembuat keputusan pun pernah membuat kesalahan. Yang perlu ditekankan adalah pelajaran yang bisa di ambil dari kesalahan tersebut dan strategi serta komitmen untuk tidak mengulanginya di masa datang.


Remember! :

Anda sebagai pemimpin adalah pribadi yang paling tepat untuk memotivasi dan membangun kinerja karyawan Anda, bukan trainer, atau motivator.