We are not just conquering the world, but we are going green...


IKALKALIS JOBS | Today's Jobs

Friday, January 30, 2009

Jaga Pekerjaan Anda

Di tahun yang baru ini kita masih membawa tantangan ekonomi yang ´dioper´ dari tahun lalu yaitu krisis finansial global. Semakin hari semakin sering kita dengar berita tentang perusahaan yang harus ´merumahkan´ sebagian karyawannya demi efisiensi.

Tidak diragukan lagi angka pengangguran akan meningkat. Meskipun belum ada hasil statistik resmi mengenai peningkatan jumlah pengangguran di Indonesia akibat krisis finansial global, Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi memperkirakan akan ada penambahan jumlah pengangguran sebesar 17.000 orang akibat krisis finansial ini.

Mungkin perusahaan Anda adalah salah satu perusahaan yang akan melakukan restrukturisasi. Anda juga mungkin tidak mengetahui dengan pasti kapan hal itu dilaksanakan atau apakah posisi yang Anda pegang termasuk posisi yang akan di "pangkas". Namun yang pasti, tidak ada karyawan yang merasa nyaman bekerja dalam suasana was-was, tidak tahu apa yang akan terjadi pada perusahaan atau posisinya.

Anda mungkin tidak memiliki kekuatan lebih untuk mencegah agar perusahaan tidak merumahkan karyawannya. Selain bekerja dengan penuh komitmen dan menjaga kepercayaan, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk ´menjaga´ pekerjaan Anda.

1. Ambil inisiatif.
Umumnya perusahaan yang diterpa goncangan krisis akan ´melepas´ beberapa posisi yang bisa dikerjakan karyawan lain. Akibatnya beberapa karyawan akan kelimpahan pekerjaan dan ada beberapa tanggung jawab yang terbengkalai. Jika ada pekerjaan yang bisa Anda kerjakan dan dalam batas kemampuan Anda, cobalah untuk mengambil tanpa menunggu perintah. Mengambil inisiatif akan memberikan kesan bahwa Anda rela bekerja untuk kepentingan kelompok walaupun Anda tidak memiliki tanggung jawab untuk melakukan pekerjaan tersebut.

2. Jangan ragu untuk volunteering.
Ambil bagian di kegiatan kantor yang bisa menunjukkan bakat dan keterampilan Anda yang selama ini tidak diketahui orang. Contohnya: Anda bisa membantu mendisain undangan event kantor bila Anda memiliki bakat desain. Maksimalkan setiap momen yang sesuai untuk menunjukkan kelebihan Anda yang bisa dimanfaatkan perusahaan.

3. Tunjukkan bahwa Anda berharga.
Hal yang wajar jika perusahaan sangat berhati-hati dengan keadaan keuangan mereka dan menilai segalanya dengan uang. Jika Anda bisa menunjukkan pada perusahaan nilai hasil pekerjaan Anda dalam bentuk nominal, maka perusahaan bisa menilai seberapa besar kontribusi yang Anda berikan.

4. Support atasan Anda.
Dukung setiap rencana kerja yang dibuat atasan Anda, termasuk rencana penghematan biaya.

5. Pastikan bahwa keterampilan dan pengetahuan yang Anda miliki selalu terupdate.
Ritme kerja yang umumnya dinamis menuntut karyawan untuk keep up dengan setiap perubahan. Keterampilan dan pengetahuan adalah dasar kompetensi Anda.

6. Dikenali, dihormati dan disukai kebanyakan orang.
Akan lebih mudah bagi pihak manajemen untuk memberikan surat pemutusan hubungan kerja kepada karyawan yang lebih sering berdiam diri di mejanya dan tidak bergaul dengan karyawan lain. Karyawan yang supel, ramah dan bersosialisasi, tentunya dengan hasil pekerjaan yang memuaskan akan lebih dipertimbangkan oleh perusahaan. Manajemen juga lebih mempertahankan karyawan yang tepat waktu, professionaly dressed   dan memiliki kepribadian yang menyenangkan.


Remember! :

Sebagai seorang profesional, wajib hukumnya untuk Anda bersikap proaktif dalam membangun profesionalisme. Bertindak aktif apalagi pasif tidak akan cukup.